blog yang memuat tentang ilmu-ilmu dalam kehidupan sehari-hari

Kita semua ketahui terdapat bebrapa ruangan di rumah sakit dan klinik. Masing – masing ruang tersebut memiliki fungsi dan tugasnya masing –...

Mengenal Ruang NICU Dan Peralatan Di Dalamnya

Kita semua ketahui terdapat bebrapa ruangan di rumah sakit dan klinik. Masing – masing ruang tersebut memiliki fungsi dan tugasnya masing – masing. Salah satu diantara ruangan tersebut adalah NICU atau Neonatal Intensive Cara Unit. Yaitu sebuah ruang perawatan khusus dan intensive untuk pasien bayi baru lahir. 

Menilik ruang NICU kita akan melihat banyak sekali pasien bayi baru lahir yang membutuhkan perawatan intensive agar segera pulih kesehatannya. Sehingga bisa dipindahkan ke ruang rawat inap biasa. 


Untuk menjalankan tugasnya, ruang NICU dibekali dengan peralatan medis yang mumpuni baik secara umum ataupun secara khusus untuk pasien bayi. Berikut ini beberapa peralatan medis yang dimaksud. 

1. Inkubator Bayi

Adalah alat medis khusus yang digunakan untuk inkubasi bayi. Inkubasi yang dimaksudkan di sini adalah untuk perawatan hingga kondisi usia dan juga kesehatannya normal. Inkubator bayi digunakan untuk merawat bayi yang terlahir prematur atau seblum usia kelahiran normalnya. Inkubator bayi dilengkapi dengan kontrol suhu, alat oksigenasi dan juga alat monitoring. 

2. Lampu Fototerapi

Pada kasus – kasus tertentu terdapat kelainan pada bayi yang disebut dengan istilah ikterus atau dalam bahasa kita disebut bayi kuning. Penyakit ini disebabkan karena kadar bilirubin hasil dari pemecahan pembuluh darah tidak dapat terproses sempurna karena satu hal. Jika kadar bilirubin berlebihan hingga mencapai ambang batas, maka harus dilakukan penanganan dengan alat terseabut.

3. Infant Warmer

Karena usianya yang masih cukup muda bayi prematur yang diarawat di dalam Ruang NICU juga terkadang ada yang mengalami hipotermia atau kedinginan. Hal ini karena suhu badannya belum bisa menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Oleh sebeb itu perlu dilakukan terapi dengan alat penghangat bayi yang disebut dengan infant warmer.

Masih terdapat banyak lagi alat kesehatan lain yang terdapat di dalam Ruang NICU rumah sakit & Klinik. Baik yang khusus merupakan alat kesehatan untuk bayi, ataupun alat medis yang secara umum digunakan di semua unit. Sekian, semoga bermanfaat !

0 comments: