blog yang memuat tentang ilmu-ilmu dalam kehidupan sehari-hari

Makanan pedas memang sangat menggiurkan dan menantang. Siapa saja yang melihat makanan pedas pasti rasanya ingin segara memakannya. Tidak s...

Bahaya Megonsumsi Makanan Pedas Terlalu Sering

Makanan pedas memang sangat menggiurkan dan menantang. Siapa saja yang melihat makanan pedas pasti rasanya ingin segara memakannya. Tidak semua orang menyukai sensasi pedas, tapi untuk para pecinta pedas, memakan makanan yang tidak terlalu pedas akan dirasa hambar dan membosankan. Dibalik kelezatan sensasi pedas, terdapat bahaya yang mengintai pada kesehatan.

Bahaya Makanan Pedas


Sebagaian orang percaya, jika mengonsumsi makanan pedas dapat memberikan manfaat, seperti mempercepat metaboilisme tubuh, antiinflamasi, melawan bakteri dan sel kanker hingga membuat panjang umur. 

Memang makanan pedas memiliki banyak manfaat, tetapi dibalik manfaatnya yang menggiurkan. Terdapat bahaya yang tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Berikut bahaya yang harus diwaspadai oleh anda pecinta makanan pedas : 

1. Diare 

Memakan makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan terjadinya diare. Setiap orang memiliki toleran terhadap rasa pedas yang berbeda-beda. Ada yang bisa mengonsumsi makanan sangat pedas dan tidak terkena diare. Namun, ada juga yang tidak bisa mengonsumsi makanan yang sama dan dan dengan mudah terkena diare. 

Cabai memiliki kandungan capsaicin yang dapat menimbulkan rasa terbakar. Ini lah yang menyebabkan kita merasakan sensasi panas ketika menyentuh cabai. Sebenarnya, sensasi pedas tidak secara langsung menyerang pencernaan, tetapi akan memicu serabut saraf yang memicu terjadinya sensasi lain. Termasuk pergerakan usus yang menjadi semakin cepat dan terjadinya diare. 

2. Menurunkan sensitivitas lidah 

Bahaya makanan pedas lainnya yaitu dapat menurunkan sensitivitas lidah. Setelah mencoba makanan dengan tingkat pedas tertentu, lidah akan menginginkan makanan yang lebih pedas. Padahal, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dapat memperburuk luka di lidah menjadi lebih parah. 

3. Menurunkan nafsu makan 

Banyak yang beranggapan bahwa makanan pedas dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Hal tersebut memang benar adanya, karena makanan pedas memang dapat menekan nafsu makan. Jika mengonsumsinya berlebihan tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Salah satunya yaitu dapat menurunkan nafsu makan. 

0 comments: