blog yang memuat tentang ilmu-ilmu dalam kehidupan sehari-hari

Siapa yang tidak kenal dengan makanan siap saji? Makanan siap saji merupakan makanan yang sangat mudah diolah dan didapatkan sebagai pengga...

Dampak Negatif Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Siap Saji

Siapa yang tidak kenal dengan makanan siap saji? Makanan siap saji merupakan makanan yang sangat mudah diolah dan didapatkan sebagai pengganti makanan rumahan. Akan tetapi,makanan rumahan biasanya tinggi akan kandungan gula, garam, lemak dan kalori. Bahkan, ada beberapa restoran yang menggunakan minyak sayur terhidrogenasi untuk menggoreng bahan makanannya. Padahal minyak tersebut tidak baik untuk tubuh karena mengandung minyak trans yang dapat meningkatkan seseorang terkena risiko penyakit jantung.

Dampak Negatif Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Siap Saji


Orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes dan penyakit jantung juga harus berhati-hati dengan makanan siap saji. Karena kadar lemak pada makanan siap saji sangat tinggi. Bahaya yang ditimbulkan dari makanan siap saji ini bukan hanya dapat terkena penyakit jantung dan stroke, tetapi juga bisa terkena penyakit lainnya. Berikut penyaakit yang ditimbulkan akibat terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji : 


1. Gangguan pada pencernaan 

Jika anda ingin mengkonsumsi makanan siap saji, usahakan jangan terlalu sering atau terlalu banyak. Ini dikarenakan makanan siap saji memiliki kandungan garam yang cukup tinggi, yang berdampak negatif untuk kesehatan pencernaan anda. Dampak yang ditimbulkan yaitu anda akan merasakan perut kembung dan bengkak. 

2. Pemicu munculnya jerawat 

Anda dapat terkena jerawat jika anda mengkonsumsi makanan yang salah. Seperti anda mengkonsumsi coklat dan makanan yang berminyak, tetapi tidak sepenuhnya benar. karena mengkonsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat juga dapat memicu munculnya jerawat. Karena makanan yang mengandung karbohidrat tinggi otomasis memiliki kandungan kadar gula darah tinggi. Sehingga hal tersebut dapat memicu munculnya jerawat. 

3. Merusak gigi 

Ketika anda mengkonsumsi makanan siap saji yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi, ternyata dapat, merusak gigi. Sebab bakteri yang ada di mulut anda akan menghasilkan asam, dan asam inilah yang dapat menghancurkan enamel (email) gigi yang menyebabkan gigi berlubang. Enamel yang sudah hilang sudah jelas tidak bisa diganti, dan kesehatan mulut yang buruk dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lainnya. 

4. Meningkatkan kadar insulin 

Makanan siap saji memang memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan kandar gula darah anda menjadi meningkat. Dan hal tersebut dapat mengubah kadar insulin normal. Jika anda terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji, maka anda berisiko lebih besar terkena diabetes tipe 2 dan resistensi insulin.

0 comments: